Monday 25 March 2019

Perusahaan yang Menerapkan Komputasi Modern


Mata Kuliah   : Pengantar Komputasi Modern
Nama          : Alim Abdul Jabbar
NPM           : 50415552
Kelas         : 4IA22
Dosen         : Rina Noviana


Domainesia
Berdiri di tahun 2009, DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Kami terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. Kami telah melayani lebih dari 50.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.

Fitur Layanan Domainesia
1.        Enterprise-grade SSD
2.        Enterprise-grade Server
3.        MailChannels Spam Filter
4.        Garansi 99.9% Uptime
5.        HTTP/2 ALPN
6.        Server ID, SG, US & JP
7.        Integrasi CloudFlare®
8.        Backup Harian ke Cloud
9.        BitNinja Security Protection
10.    Node.js, Python, Ruby, PHP



Domainesia telah menerapkan komputasi modern yaitu PaaS pada layanan hostingnya.

PaaS
PaaS atau Platform as a Service adalah salah satu bentuk cloud computing juga dimana pihak ketiga menyediakan hardware dan tools yang bisa digunakan oleh user untuk mendevelop sebuah aplikasi dengan lebih cepat lewat internet. Disini si user tidak perlu mengurus urusan hardware dan tools yang digunakan tersebut. PaaS biasanya menyediakan layanan yang membantu user untuk mempercepat proses development sebuah aplikasi.
Jadi user hanya perlu menginstall aplikasi mereka pada resouce yang sudah disediakan dan user hanya perlu mengelola aplikasi dan datanya saja.

Karakteristik PaaS adalah:
1.        User tidak usah repot dengan urusan teknis, jadi tinggal memakai hardware dan tool-tool yang sudah adauntuk mempercepat proses development dengan data yang sudah dimiliki.
2.        Web berbasis user tool creation interface membantu untuk membuat, memodifikasi, menguji dan menggunakan skenario UI yang berbeda.
3.        User dapat menggunakan aplikasi bersama-sama dengan user lainnya