Wednesday 21 October 2015

Masalah Sosial

Masyarakat adalah keluarga kecil dalam ruang lingkup yang tidak begitu besar namun mempunyai efek yang sangat besar, setiap lingkungan mempunyai masalah yang beragam, jika tidak ada masalah artinya tidak sah dalam suatu lingkungan. Walaupun hanya sekedar teman yang sudah kenal sejak kecil namun terkadang orang-orang disekitar bahkan orang kepercayaan sekalipun bisa menjadi penjahat.
Karang taruna dilingkungan saya terbentuk dari para pejuang muda yang sudah kenal sejak kecil, karang taruna dibentuk sebagai organisasi yang membantu meringankan pekerjaan bapak-bapak dalam suatu acara, karena semua yang terlibat dalam karang taruna sudah beranjak dewasa dan sebagai wadah kecil untuk belajar berorganisasi tentunya dalam ruang lingkup kecil yaitu RT.
Ketika ingin melaksanakan suatu acara tentunya dilaksanakan rapat untuk menyusun kegiatan acara tersebut, biasanya rapat diadakan dirumah ketua karang taruna, ketika sebuah rapat karang taruna berlangsung tiba-tiba P izin ke kamar mandi karena ingin BAK, dalam sebuah perjalanan kekamar mandi terlihat sebuah HP sedang di cas maka P dengan pikiran jahatnya langsung mengambil HP tersebut, dengan tenangnya P kembali kerumah dengan membawa sebuah Hp milik temannya.
            Ketika tuan rumah menyadari bahwa Hp yang sedang di casnya tidak ada maka timbullah rasa curiga kepada orang yang telah memasuki ruangan belakangnya, yang telah memasuki ruangan belakangnya tentu saja hanya keluarganya dan P, maka tuan rumah curiga kepada si P akhirnya P diundang oleh orangtua si tuan rumah untuk dating kerumahnya.
            Tentu saja P harus menyadari untuk apa ia di panggil oleh orangtua si tuan rumah, dan benar saja ia dipanggil untuk menyelesaikan kasus kehilangan Hp tersebut karena kecurigaan hanya kepada si P, ketika ditanya awalnyapun tidak mau mengaku bahwa ia yang mengambil Hp tersebut, ketika hampir kekerasan terjadi akhirnya si P pun mengaku bahwa ia yang mengambil hp tersebut dan akhirnya hp tersebut dikembalikan kepada pemiliknya dan si P meminta maaf kepada orangtuanya pemilik hp tersebut.
Akhirnya masalah tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan, namun si P merasa sangat malu terhadap lingkungan sekitar akibat perbuatannya, namun seiring berjalannya waktu pikirannya pasti semakin dewasa dan semoga tidak mengulanginya lagi. Ini salah satu contoh masalah yang dapat di selesaikan secara kekeluargaan.
Hikmah berharga ini menjadi pelajaran yang sangat penting untuk kesadaran diri sendiri dalam bersosialisai di lingkungan sekitar.