Nama : Alim Abdul Jabbar
NPM : 50415552
Kelas : 3IA22
Nama Dosen : SYEFANI RAHMA DESKI
Jurnal Nasional dan Internasional
Jurnal Nasional
Judul : Peranan Desain Kemasan
dalam Dunia Pemasaran
Ditulis
oleh : Christine Suharto Cenadi
Dipublikasi : The Institute of Research & Community Outreach -
Petra Christian University pada Januari 2000
IISN : 0215-0905
Abstrak
: Kemasan merupakan "pemicu" karena fungsinya langsung berhadapan
dengan konsumen. Dengan demikian kemasan harus dapat memberikan impresi spontan
yang mempengaruhi tindakan positif konsumen di tempat penjualan. Dengan situasi
persaingan yang semakin tajam estetika merupakan suatu nilai tambah yang dapat
berfungsi sebagai "perangkap emosional" yang sangat ampuh untuk
menjaring konsumen. Tulisan ini akan membahas tentang bagaimana desain kemasan
dapat memaksimalkan daya jual suatu produk dalam pasar. Packing packing design
market marketing
Jurnal Internasional
Judul :
Visual Communication Design in Plateau State: A Case Study of Berom Culture
Ditulis
oleh : G. O. UKA dan D. D. DYEK
Dipublikasi : International Journal of
Communication pada 1 Juli 2017
IISN : 1597-4324
Abstrak :
Communication is an important aspect of human activity. Most means of human
communication are carried out by means of putting a line around something in
order to name it and further to enumerate its characteristics (Uka, 1994).
Communication is a way of relaxing a message from one person to another. Horn
by (1995:229) says communication is to make something known, to exchange
information, news or ideas with somebody. Thus, information exchange ability
and the clarity of it is dependent on the communication techniques employed.
Communication must have a source and a target. Parsons (1978) elaborates on the
essential terms involved in communication. According to him, the person who
initiates and sends the message is referred to as the 'transmitter'; the
subject matter being communicated as the 'message', the route of communication
as the 'channel'; whatever means is used for the communication as 'form of communication'
and whosoever the message is directed at as the 'receiver' or 'audience'. The
main aim of visual communication practice is to clarify and simplify content
matter and also assist in maintaining interest. It is, therefore, a major means
for improving clarity in communication, diversity in methods and forcefulness
in appeal. The media of visual communication has two purposes: (1) to send
visual messages to our contemporaries (2) to send or store visual messages for
generations or descendants yet unborn.
Perbandingan Jurnal Nasional dan Internasional
Jurnal Nasional
- Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
- Memiliki ISSN.
- Memiliki terbitan versi online.
- Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.
- Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan.
- Diterbitkan oleh Penerbit/ Badan Ilmiah/ Organisasi Profesi/ Organisasi Keilmuan/ Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya.
- Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia.
- Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda.
- Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda.
- Memiliki ISSN.
- Memiliki terbitan versi online.
- Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.
- Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan.
- Diterbitkan oleh Penerbit/ Badan Ilmiah/ Organisasi Profesi/ Organisasi Keilmuan/ Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya.
- Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia.
- Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda.
- Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda.
Jurnal Internasional
- Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
- Memiliki ISSN.
- Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).
- Memiliki terbitan versi online.
- Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara.
- Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara.
- Terindeks oleh database internasional: Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, dan/atau laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.
- Memiliki ISSN.
- Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).
- Memiliki terbitan versi online.
- Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara.
- Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara.
- Terindeks oleh database internasional: Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, dan/atau laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.
Referensi
https://dosen.perbanas.id/pengertian-jurnal-ilmiah-nasional-2/
http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16056
http://journal.ijcunn.com/index.php/IJC/article/view/84